Tuesday 19 March 2013

7 Kebiasaan Manusia yang Tidak Efektif

Berikut ini 7 kebiasaaan yang harus dihindari untuk hidup yang lebih baik. Sebagian dari 7 kebiasaan ini mungkin tidak kamu sadari, seperti hal normal saja, namun lebih baik jika kamu hindari. Mari kita simak satu persatu.
1. Tidak Eksis
ada ungkapan “Delapan puluh persen kesuksesan adalah mengeksiskan diri”
Salah satu hal terbesar dan paling sederhana yang dapat kamu lakukan untuk memastikan lebih sukses dalam hidup - apakah itu dalam kehidupan sosial kamu, karir kamu atau dengan kesehatan kamu - adalah hanya butuh mengeksiskan diri, just show up!!. Jika kamu ingin meningkatkan kesehatan kamu, maka salah satu hal yang paling penting dan efektif yang dapat kamu lakukan adalah hanya untuk muncul di tempat fitnes secara teratur.
Mungkin cuaca sedang tidak bersahabat akan menurunkan semangat untuk pergi ke tempat fitnes. Namun jika kamu tetap pergi walau hujan maka motivasimu akan meningkat daripada jika hanya tiduran di rumah.
Hal ini berpengaruh lho dalam seluruh kehidupanmu. Jika kamu lebih banyak menulis atau banyak melukis maka kemampuanmu akan meningkat dengan cepat. Jika kamu lebih banyak keluar rumah, maka kamu akan banyak bertemu teman baru. Hanya dengan lebih banyak muncul (eksis) akan membuat banyak perbedaan. Tidak eksis berarti tidak akan ada jejakmu.
2. Menunda-nunda seharian

Berikut ini cara untuk mengatasi sifat menunda-nunda
  1. Lakukan yang terberat dan yang paling penting pertama kali pada pagi hari. Kegiatan pada pagi hari akan meningkatkan semangatmu dan menciptakan momentum positive seharian. Biasanya hal itu akan menciptakan hari-hari yang produktif.
  2. Bagaimana caramu memakan seekor gajah? Jangan harap dapat kamu makan dalam sekali gigit. Hal ini dapat menyebabkan kamu menunda-nunda pekerjaan. Bagilah pekerjaan kamu dalam beberapa langkah kecil. Kemudian hanya fokuslah pada pekerjaan pertama dan bukan yang lainnya. Lakukanlah hanya pekerjaan itu sampai selesai. Lalu lanjut ke tugas selanjutnya.
3. Melakukan sesuatu yang tidak penting
Salah satu hal yang dapat membuatmu terjebak, selain menunda-nunda adalah menyibukkan diri dengan tugas-tugas yang tidak penting.
Agar hasil kerjamu efektif mungkin kamu dapat menggunakan aturan 80/20, yaitu kamu mendapatkan 80 persen hasil dengan hanya 20 persen tugas yang dilakukan. Jadi kamu harus memfokuskan energimu pada pekerjaan yang pennting-penting saja.
Tulislah dan urutkan 3 tugas pentingmu untuk hari ini. Kemudian lakukan tugas itu dari urutan yang pertama. Jika kamu hana dapat melakukan 1 tugas untuk hari ini, hal itu tidak masalah. Setidaknya kamu telah berhasil menyelesaiakan 1 tugas penting.
4. Berpikir terlalu banyak
Hal itu membuatmu jarang mengambil tindakan. Berkutat pada berpikir dapat menghabiskan tahunan hidupmu. Tidak ada yang salah dengan berpikir sebelum melakukan sesuatu. Melakukan penelitian, membuat rencana, menggali potensi dan masalah.
Tapi berkutat pada berpikir dan berpikir adalah cara lain untuk membuang waktumu. Kamu tidak perlu memeriksa segala sesuatu dari setiap sudut sebelum mencobanya. Dan kamu tidak perlu menunggu waktu yang tepat untuk melakukan sesuatu. Waktu tepat itu tidak pernah datang. Dan jika kamu hanya terus berpikir kamu akan menenggelamkan diri ke bawah lebih dalam dan lebih dalam dan mengambil tindakan akan menjadi lebih dan lebih sulit.
Cara sebaliknya adalah kamu hanya perlu berhenti berpikir. Tutup pikiranmu dan pergi lakukan apa pun yang perlu kamu lakukan. Just do it!!
5. Memandang sesuatu hanya pada sisi negatifnya
Ketika kamu melihat segala sesuatu dari perspektif negatif maka dengan cepat hal itu membuat lubang dalam motivasi dirimu. Kamu menemukan kesalahan di mana-mana dan masalah di mana hal itu tidak nyata. Kamu terfokus pada rincian. Dari sudut pandang negatif kamu dapat menemukan sepuluh alasan setiap waktu.
Solusinya adalah sadaribatas-batas perspektif negatifmu. Dan bahwa perspektif kamu itu bukan suatu gambaran yang benar 100% di dunia ini. Kemudian coba perspektif lain. Sebagai contoh, selalulah mencoba untuk membentuk kebiasaan melihat hal-hal yang lebih positif dan optimis. Lakukan tantangan dan mencoba untuk hanya berpikir positif selama 7 hari. Hal itu dapat memberikanmu sebuah wawasan dalam berapa perspektif dan keyakinan dan mengubah cara kamu menafsirkan duniamu. Dan lihatlah hasil yang akan kamu dapatkan.
6. Terpaku pada pikiran sendiri dan menutup nasehat
Dapat menjadi suatu hal yang sulit bahwa apa yang kamu pikirkan atau percayai bukanlah suatu jalan keluar terbaik. Jadi kamu terus terpaku pada pikiranmu semakin kuat dan menutup pikiranmu. Merubah hidup pada posisi ini kadang akan sulit.
Solusinya adalah buka pikiranmu lebih lebar. Belajar dai kesalahan orang lain atau kesalahanmu sendiri. Belajar dari buku. Tapi jangan terjebak pada belajarnya, fokuslah pada aksinya, lakukan segera apa yang telah kmau pelajari.
7. Membanjiri kepala dengan informasi berlebihan
Hal ini bukan berarti banyak membaca, namun terlalu banyak masukan. Misalnya:
  • dari media, yang kebanyakan negatif akhir-akhir ini. Jika kamu tidak selektif maka hal itu berakibat tidak baik.
Jangan biarkan informasi masuk terlalu banyak dalam pikiranmu dan mempengaruhi pikiranmu sehingga kamu terjebak pada hal no#3. Tutup semua pintu-pintu informasi yang dapat mengganggumu, facebook, twitter, tv, radio, musik, dll. Dan berfokuslah pada pekerjaanterpentingmu saja
***
Semoga bermanfaat, silahkan berbagi lewat tombol di bawah

No comments:

Post a Comment